Monday, June 3, 2013

Mobil Listrik Diobral di Amerika

Mobil Listrik Diobral di Amerika Jakarta - Penjualan mobil listrik saat ini belum membuat para produsen tersenyum. Di Amerika Serikat, para produsen mobil listrik bahkan sampai harus melakukan perang diskon untuk menggaet konsumennya.

Perang diskon itu dibuat untuk menarik perhatian masyarakat. Nissan membuktikannya setelah penjualan mobil listrik mereka, Nissan LEAF, naik tiga kali lipat di Maret dan April setelah mereka memangkas harga LEAF hingga 18 persen.

Sementara Honda memotong uang cicilan dari US$ 389 menjadi US$ 259 dan akan meningkatkan jumlah dealer yang menjual Fit EV dari 36 menjadi lebih dari 200.

Diskon sebelumnya telah diberikan oleh Ford, Toyota dan Mitsubishi. Fiat dan Chevrolet diprediksi akan menyusul setelah mereka juga berencana meluncurkan mobil listrik tahun ini.

"Kekhawatiran saya yang paling besar adalah kita akan memiliki situasi kelebihan pasokan, menciptakan harga artifisial yang rendah, dan (menarik) orang-orang yang mungkin tidak cocok untuk EV," kata Steve Center, American Honda's head of environmental business development seperti detikOto kutip dari Autonews.

Honda sendiri pada saat peluncurannya 10 bulan lalu hanya menargetkan 1.100 unit selama tiga tahun. Tapi apa daya, meski target sudah sangat kecil, penjualan mereka tetap tidak menggembirakan, 161 unit hingga saat ini.

Sementara Ford Focus EV yang telah diproduksi sebanyak 1.627 unit hanya terjual sebanyak 685 unit di Amerika. Untuk menggenjot penjualan, diskon US$ 2.000 mereka berikan.

Di sisi lain, Chevrolet mengklaim kalau harga Spark EV akan kurang dari US$ 20.000 (Rp 195 jutaan) setelah dipotong subsidi federal US$ 7.500. Masyarakat California bahkan akan mendapat harga lebih murah lagi karena negara bagian juga memberi insentif sebanyak US$ 2.500. Jadi, cicilan perbulan mobil ini bisa mencapai US$ 199, atau kurang dari Rp 2 juta.

Sedangkan Nissan kini hanya menjual LEAF dengan harga US$ 28.800, terpangkas 18 persen dari harga sebelumnya, US$ 32.200. Mitsubishi juga mulai menawarkan diskon US$ 10.000 untuk i-MiEV dan Toyota juga memotong US$ 10.000 untuk RAV4 EV.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment