Monday, June 3, 2013

Semar UGM Kembali Ikuti Lomba Irit BBM di Sepang

Semar UGM Kembali Ikuti Lomba Irit BBM di Sepang Yogyakarta - Tim Semar Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mengikuti kompetisi kendaraan hemat energi Shell eco-marathon Asia 2013. Tahun ini kompetisi digelar di Sepang International Circuit Malaysia pada 4-7 Juli 2013.

Dalam kompetisi ini Tim Semar UGM akan mengikuti dua kategori yakni kategori Urban Concept dengan bahan bakar diesel dan kategori Prototype Car dengan bahan bakar Gasoline. Jumlah anggota tim sebanyak 14 orang mahasiwa dan satu orang pembimbing yakni Dr Jayan Sentanuhady.

"Kedua mobil ini didesain dan dikembangkan dengan konstruksi body monocoque yang menggunakan material carbon fiber composite," kata Jayan saat berpamitan dengan Rektor UGM Prof Dr Pratikno di kantor Pusat UGM di Bulaksumur, Senin (3/6/2013).

Menurut dia dengan bahan tersebut akan memperingan dan meningkatkan presisi. Hampir semua komponen dibuat dari bahan alumunium dan diproses dengan mesin CNC. Komponen juga dikembangkan dengan sistem modular untuk mempermudah penggantian atau perbaikan komponen.

Ketua Manager Tim Semar UGM, Agung Prasetya menambahkan mobil Semar juga menggunakan teknologi PSS (Pedal Steering System), yakni pengendalian mobil tidak lagi menggunakan tangan tapi menggunakan pedal kaki.

Hal ini untuk meningkatkan ergonomi seperti luas pandang, posisi tubuh pengendara dan akseabilitas keluar pengendara yang lebih baik dalam ruang kendaraan yang sangat sempit.

Menurut Agung, mobil ini juga menggunakan primer mover bahan bakar gasoline kapasitas 80 cc dan rasio kompresi tinggi dengan kode desain SEC 1 (Semar Engine Concept - First Generation). Mesin SEC 1 dengan teknik sequential double spark yakni dua busi meletup secara berurutan.

"Dengan teknik ini pembakaran di dalam silinder menjadi lebih sempurna sehingga hemat bahan bakar dan ramah lingkungan," katanya.

Sedangkan mobil Semar Urban lanjut Agung, menggunakan mesin diesel berkapasitas 220 cc yang mengadopsi teknologi Near Adiabatic Diesel Engine (NADE). Sistem ini menggunakan rasio kompresi tinggi dan cylinder insulation system untuk meningkatkan efisiensi termal.

(bgs/ddn)

0 comments:

Post a Comment