Monday, June 3, 2013

Setang Honda CB150R StreetFire Oleng

Setang Honda CB150R StreetFire Oleng Jakarta - Hallo detikOto. Saya punya keluhan pada motor baru saya Honda CB150R. Jujur saja saya kurang mahir dalam dunia otomotif khususnya motor sport, jadi saya sedikit kebingungan dengan keluhan ini.

Kurang lebih 1 bulan yang lalu motor sport saya ini terjatuh pada saat posisi standar 1 (karena kondisi lantai yang jadi penopang standar tidak rata) .

Setelah kejadian itu saya merasakan ada keganjalan, tepatnya pada bagian setang yang suka oleng ketika di tikungan.

Kondisi seperti ini jelas membuat saya tidak nyaman ketika berkendara, bahkan saya menjadi was-was karena takut terjatuh.

Kira kira apa kerusakan pada motor saya ini? Adakah yang harus diganti atau diperbaiki?

Mohon bantuannya, terima kasih detikOto.
Wassalam.

Reza Putra
Bandung

Jawaban:

Dear mas bro Reza, salam detikOto

Untuk kasus mas reza, apakah sudah dicek kemungkinan ada bagian setang yang miring baik di sisi kanan atau kiri? Sehingga pada saat dikendarai terasa tidak seimbang di tangan.

Lalu cek juga kondisi pelek roda depan, apakah terkena benturan sehingga menjadi oleng, ini bisa dicek dengan memutar roda depan dan diperhatikan dari sisi depan kalo saat roda berputar tidak rata, berarti pelek telah oleng, tapi ini jarang terjadi karena kalau hanya benturan ringan biasanya tidak akan masalah.

Keolengan yang terasa saat berbelok pada dasarnya bisa saja bukan karena faktor motor habis jatuh saja tetapi bisa dipengaruhi karena tekanan ban depan/belakang yang kurang angin, sehingga pas dibawa belok terasa seperti di goyang, tapi bukan 'goyang Karawang' ya mas, hehehe.

Untuk lebih ampuhnya sebaiknya Mas Reza cek up ke bengkel resmi, biar lebih yakin dan pasti analisanya.

Demikian sedikit komentar dari saya semoga memberikan tambahan wawasan.

Andriyanto, Bintang Motor

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment