Monday, June 3, 2013

Pengguna Mobil Autopilot Harus Punya SIM Khusus

Pengguna Mobil Autopilot Harus Punya SIM Khusus Washington - Mobil yang memiliki teknologi autopilot dipercaya akan menjadi hal yang biasa di masa depan. Namun, regulator Amerika Serikat ingin agar para pengguna mobil dengan teknologi ini memiliki SIM khusus yang berbeda dibanding pengemudi lain.

Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengeluarkan laporan rekomendasi terkait mobil autopilot. Inilah respon paling komprehensif pemerintahan Obama sebelum mobil jenis ini berlalu-lalang di jalanan pada masa depan.

Pada rekomendasi awal ini, NHTSA menekankan kalau perlu pelatihan tambahan dan lisensi khusus untuk mereka yang ingin mengoperasikan mobil jenis ini di jalanan umum.

Secara keseluruhan, rekomendasi NHTSA itu menunjukkan bahwa regulator federal tersebut bersemangat untuk mempromosikan penelitian pada mobil self-driving.

Sebab, NHTSA berpendapat kalau potensi kecelakaan dan kematian di jalan raya bisa dikurangi dengan adanya teknologi autopilot pada mobil. Emisi bahan bakar fosil pun juga bisa berkurang.

Pada rekomendasi ini, NHTSA menekankan kalau orang-orang yang mengoperasika mobil autopilot harus memiliki lisensi khusus dan sama seperti pilot, para pengguna ini harus menjalani 'jumlah jam minimun' untuk mendapatkan lisensi itu.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment