Tuesday, July 2, 2013

Barack Obama Cari Mobil

Barack Obama Cari Mobil Washington - Mobil tangguh tunggangan Presiden AS Barack Obama, Cadillac One akan segera pensiun. Secret Service pun mulai mencari pengganti dari mobil yang lebih dikenal sebagai "The Beast" itu.

Selanjutnya pemerintah AS akan membangun model mobil terbaru dan melibatkan kontraktor atau perusahaan mobil handal.

Pemerintah AS sudah mulai membuka penawaran untuk produsen yang ingin mendesain limo untuk presiden. Dan pemenangnya akan dipilih pada 29 September nanti.

Pastinya mereka yang menang, harus mematuhi aturan kerahasian soal spesifikasi mobil yang sedianya akan mulai berdinas di tahun 2015.

Dikutip dari Foxnews, perusahaan mobil diminta untuk mendesain mobil mulai dari konsep, desain, pemilihan material, pengujian material, pengembangan sasis, hingga menguji ketahanan mobil terhadap serangan seperti senjata api dan rudal.

Langkah tersebut untuk mencari bukti apakah mobil yang dikembangkan mumpuni menyelamatkan nyawa sang presiden.

Cadillac sendiri belum memberikan komentar soal ini, sementara Ford dan Chrysler menuturkan mereka tidak terlibat dalam proyek ini.

Namun bisa saja, 3 perusahaan besar Amerika itu mengikuti lelang di saat-saat terakhir.

Sementara untuk The Beast, mobil ini bisa menahan peluru berkat penggunaan berbagai logam seperti aluminium, titanium dan material keramik.

Pintu setebal 8 inci yang hampir mirip dengan pintu kabin pesawat Boeing 787 terpasang untuk menambah keamanan Obama. Ban terbuat dari serat kevlar yang tahan bocor serta velg baja yang masih bisa melaju jika ban terkelupas.

Fitur keselamatan bukan hanya itu saja, di mobil juga tersedia cadangan darah untuk Obama, persediaan oksigen, kamera night vision, gas air mata dan sejumlah fasilitas lain.

Dengan semua perlengkapan itu, walhasil, mobil Obama cukup berat, mobil ini pun hanya memiliki top speed 96 km per jam dan menghabiskan bahan bakar setiap 8 mil per galonnya.

Dari sisi interior, untuk jok seperti halnya Cadillac CTS juga dijahit dengan tangan. Kursi penumpang belakang, sangat luas dengan tempat duduk eksklusif untuk Obama dan staf eksekutifnya.

Logo presiden bordiran ditempatkan di tengah panel jok belakang Limo. Stempel presiden juga tertempel di luar pintu belakang.

Sejak 1939, Presiden AS biasanya menggunakan limo buatan Lincoln atau Cadillac. Peran Cadillac dimulai pada Perang Dunia I.

Deretan pengguna Cadillac adalah Woodrow Wilson, Franklin D. Roosevelt, Harry S. Truman dan Dwight D. Eisenhower, John F. Kennedy, Lyndon B. Johnson, William J. Clinton, Ronald W. Reagan dan George W Bush. Dan kini Obama mencicipi Cadillac.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment