Wednesday, July 24, 2013

Buka Pabrik Mesin Baru, Toyota Butuh 400 Pekerja Indonesia

Buka Pabrik Mesin Baru, Toyota Butuh 400 Pekerja Indonesia Karawang - Toyota akan memulai produksi mesin untuk kendaraan penumpang selain IMV (International Innovative Multi-Purpose Vehicle) series di sebuah pabrik baru yang akan beroperasi pada semester awal 2016.

IMV adalah platform untuk mobil seperti Innova, Fortuner dan Hilux. Lokasi pabrik mesin kendaraan penumpang selain IMV ini berdekatan dengan pabrik TMMIN di Karawang yang telah ada. Lebih dari 50 persen hasil produksi akan diekspor ke pasar global. Toyota belum menyebutkan apakah mesin mobil yang dimaksud untuk mesin mobil murah atau tidak, yang pasti mesin untuk kendaraan penumpang.

Sebelumnya, Toyota telah mengumumkan pembelian lahan seluas 150 hektar yang akan digunakan untuk pembangunan pabrik mesin baru tersebut pada bulan November tahun 2012 lalu.

Dalam siaran pers Toyota, Rabu (24/7/2013) pabrik dengan kapasitas produksi mencapai 216.000 unit per tahun ini menelan investasi sebesar Rp 2,3 triliun rupiah.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga berencana untuk menambah tenaga kerja sebanyak 400 orang seiring dengan adanya aktivitas produksi di pabrik tersebut.

Saat ini TMMIN memproduksi sekitar 195.000 unit mesin per tahun untuk jenis kendaraan IMV di Pabrik Sunter 1 Jakarta Utara untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan juga ekspor ke beberapa negara di kawasan ASEAN, Amerika Latin serta Afrika.

Kombinasi pabrik mesin yang telah ada dan pabrik mesin baru akan menjadikan TMMIN sebagai salah satu basis produksi dan suplai yang sangat penting bagi Toyota secara global.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment