Wednesday, July 24, 2013

Mobil di Masa Depan Bakal Jadi 'Dokter' Anda

Mobil di Masa Depan Bakal Jadi San Franscisco - Bayangkan, Anda tengah asyik menyetir, tiba-tiba Anda terkena serangan jantung, apa yang bisa Anda lakukan? Tenang di masa depan, mobil akan membantu Anda. Bahkan mobil bisa menjadi dokter anda lho.

Ford mengembangkan sistem yang memonitor kesehatan pengemudi dengan tepat.

Pabrikan raksasa asal Amerika itu seperti dilansir Daily Mail tengah mengembangkan ambulans mobil yang memiliki berbagai jenis sensor kesehatan yang memungkinkan dokter untuk memeriksa keadaan pengendara dari jarak jauh.

Ford sudah memulai pengetesan di India, dan bukan tidak mungkin fitur ini bakal diterapkan di mobil produksi mereka.

"Aplikasi kesehatan adalah sesuatu yang sangat menakjubkan di dalam mobil. Di India kami mengetes berbagai fungsi agar dokter melakukan tugasnya. Mobil nantinya bakal menjadi mobile ambulance," ujar Direktur Teknologi Ford Vijay Sankaran.

Contohnya, jika pengemudi terlihat mengalami kejang-kejang atau mabuk karena terlalu banyak minum, mobil bisa mengambil alih kemudi secara aktif dan memarkirkan di tempat yang aman.

Selain itu, Ford juga mengembangkan jok, setir dan seat belt pintar yang memiliki berbagai sensor.

"Sensor infra merah di setir akan memonitor tangan pengendara dan juga memantau perubahan muka pengendara," ujar juru bicara Ford.

Sistem ini diperkirakan bakal jadi bagian dari mobil autopilot tanpa pengemudi yang salah satunya diprakarsai oleh raksasa internet Google.

"Kami memusatkan perhatian kami pada Google dan lainnya. Otonomi dalam berkendara adalah sesuatu yang konsumen inginkan. Sebuah mobil yang bisa melaju sendiri mungkin akan tersedia satu dekade lagi," ujarnya.

Siapkah Anda melepaskan kendali mobil Otolovers?

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment