Tuesday, January 28, 2014

Mobil Pertama Porsche Ternyata Mobil Listrik

Mobil Pertama Porsche Ternyata Mobil ListrikJakarta - Walaupun saat ini dikenal sebagai produsen mobil sport dan tidak memiliki mobil listrik, mobil pertama Porsche ternyata adalah mobil listrik. Mobil pertama Porsche dilahirkan pada 1898 atau lebih dari 1 abad lalu.

Mobil yang diberi nama Egger-Lohner C.2 Phaeton alias P1 ini merupakan kendaraan pertama yang dirancang dan dibangun oleh Ferdinand Porsche yang akan segera dipamerkan di Museum Porsche di Stuttgart, Jerman setelah lama mendekam di sebuah gudang tua di Austria sejak 1902.

Ketika itu, jantung listrik dari mobil Porsche pertama ini memiliki berat 130 kg dan hanya dapat menghasilkan 5 tenaga kuda.

Untuk kecepatan, mobil ini bisa melaju sampai 35 km/jam dan menjelajah sejauh 80 km dalam sekali charged.

Namun, darah balap khas mobil Porsche sudah ada di mobil ini. Sebab mobil ini sempat bersaing di reli kendaraan listrik yang sudah dilakukan pada 1899. Ketika itu, reli untuk mobil listrik dianggap masih merupakan sesuatu yang berat.

Karena itu, setengah dari peserta gagal mencapai garis finish karena kesulitan teknis. Tapi, P1 menang karena melintasi garis finish 18 menit di depan pesaing terdekatnya. Ketika itu, Ferdinand Porsche baru berusia 22 tahun.

Ferdinand Porsche yang memiliki bakat namun tidak pernah menjalani pelatihan teknik formal sendiri baru mendirikan perusahaan mobil pada 1948.

Saat ini, mobil Porsche tidak memiliki mobil listrik untuk dipasarkan. Mereka hanya memiliki Panamera hybrid yang menggabungkan kinerja mesin bensin dan motor listrik. Serta 918 Spyder.


0 comments:

Post a Comment