Monday, March 17, 2014

Masalah Airbag Sebabkan Ratusan Jiwa Melayang?

Masalah Airbag Sebabkan Ratusan Jiwa Melayang?Jakarta - Raksasa otomotif asal Amerika Serikat, General Motors diharuskan menarik (recall) jutaan mobilnya karena dianggap bermasalah. Bahkan masalah kali ini diklaim telah menewaskan 303 jiwa.

Ada masalah di stop-kontak pada mobil produksi GM yang membuat mesin tiba-tiba mati hingga kantung udara yang tidak berfungsi. Akhirnya, GM memutuskan untuk melakukan penarikan kembali (recall) 1,6 juta beberapa modelnya.

Kini, Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) tengah menyelidiki GM untuk melihat apakah pengumuman recall ini telat dilakukan atau tidak. Bila terbukti telat, maka GM bisa didenda hingga US$ 35 juta atau sekitar Rp 407,15 miliar akibat hal ini.

Terlepas dari masalah denda, lembaga yang memperhatikan masalah keamanan kendaraan di AS, Center for Auto Safety mengatakan kalau tidak kurang dari 303 jiwa melayang terkait masalah malfungsi airbag di mobil-mobil GM ini.

Padahal, GM hanya mengaku kalau masalah ini menyebabkan 34 kecelakaan dengan 12 kematian. Raksasa yang bermarkas di Detroit ini pun mengatakan kalau laporan ratusan jiwa yang melayang itu sebagai laporan tanpa analisis mendalam dan penunh spekulasi.

Penarikan kembali akibat masalah ini bermula di model Chevrolet Cobalt dan Pontiac G5 pada bulan lalu yang kemudian diperluas beberapa waktu lalu untuk menyertakan beberapa Saturn, Solstice dan HHR yang diproduksi sejak 1 dekade lalu.

Dari 1,6 juta kendaraan yang ditarik, 1,3 juta diantaranya ada di Amerika Serikat yang mencakup model tahun 20003-2007.


0 comments:

Post a Comment