Monday, March 17, 2014

Produsen Mana yang Paling Banyak Untung dari Penjualan 1 Mobil?

Produsen Mana yang Paling Banyak Untung dari Penjualan 1 Mobil?Jakarta -

Ada ratusan produsen mobil di dunia. Dan para produsen itu tentu ingin mengambil untung dari tiap mobil yang mereka produksi. Tapi di antara sekian banyak produsen mobil itu, merek apa yang mengambil untuk paling besar dari tiap mobil yang mereka jual?
Dan ternyata, merek yang mengambil untuk paling besar itu menurut Bloomberg Businessweek dan dikutip Motor Authority adalah Porsche.

Raksasa Jerman ini mengambil untung US$ 23.000 atau sekitar Rp 261 jutaan dari setiap mobil yang dijualnya dengan marjin keuntungan 18 persen.

Keuntungan itu, bila digunakan untuk membeli mobil murah yang masuk dalam program LCGC (Low Cost and Green Car/mobil terjangkau dan ramah lingkungan), maka cukup untuk membeli 3 mobil.

Angka itu lebih besar dari sesama merek yang tergabung dalam Volkswagen Group seperti Audi, Bentley, dan Lamborghini yang juga sesama merek mahal dan tentu jauh bila dibanding dengan keuntungan yang diambil oleh merek-merek 'biasa.'

Sebab dalam laporan tahunan, Bentley saja rata-rata yang mengambil marjin keuntungan sekitar US$ 20.000 atau sekitar Rp 227 jutaan. Sementara Audi dan Lamborghini hanya mengambil untung US$ 5.200 atau sekitar Rp 59 jutaan dari tiap mobil yang mereka jual.

Merek Volkswagen bahkan hanya mengambil untuk 2,9 persen dari mobil yang mereka lepas atau sekitar US$ 850 atau sekitar Rp 9,6 jutaan saja.

Tidak dijelaskan kenapa Porsche mengambil untung yang terlalu besar untuk tiap mobil yang mereka jual. Dan laporan ini hanya menyangkut merek-merek yang berada di bawah naungan Volkswagen Group tidak melibatkan merek lain.


0 comments:

Post a Comment