Wednesday, April 16, 2014

'Orang Jakarta Itu Gengsinya Besar'

Jakarta - Menurut survei yang dilakukan oleh Nielsen Global Survey of Automotive Deman, secara global, Indonesia berada di posisi ke-10 yang meyakini bahwa memiliki mobil merupakan simbol yang penting atas kesuksesan. Seperti halnya warga Jakarta yang memiliki gengsi besar.

Senior Manager Consumer Insight of Automotive Industries Yohannes Beny Wuryanto, mengatakan mobil murah yang masuk dalam program LCGC (low cost and green car) penjualannya tidak besar di Jakarta, yang besar ada di luar Jakarta.

"Kenapa demikian? Karena orang Jakarta itu gengsinya besar. Mereka lebih memilih naik mobil mewah, kalau naik mobil seharga Rp 300 juta baru derajatnya naik, coba kalau pakai mobil murah," kata pria yang akrab disapa Beny di sela-sela acara Unleashing the Automotive Demand di Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Ditambahkan Benny, di luar Jakarta mungkin banyak pengguna mobil murah dan sepeda motor. Karakter masyarakat di Indonesia juga memang sangat beragam sehingga memiliki selera berbeda-beda.

Ditambah lagi, di Jakarta status sosial sangatlah berpengaruh. Hal itu juga karena meningkatnya pendapatan karena banyak masyarakat yang masuk ke kelas menengah dan secara finansial sudah sanggu untuk membeli mobil.

"Seiring meningkatnya tingkat pendapatan, mereka juga ingin memperlihatkan peningkatan status sosialnya," tutupnya.


0 comments:

Post a Comment