Monday, April 7, 2014

Ratusan Mesin Weichai Sokong TransJakarta

Ratusan Mesin Weichai Sokong TransJakartaJakarta - Meski baru disorot belakangan ini terkait pengadaan 5 unit bus tingkat, nama Weichai ternyata sudah lama eksis di Indonesia. Sudah ratusan mesin Weichai yang digunakan untuk bus di nusantara.

Direktur Weichai Indonesia, Ding Wei memaparkan kalau dalam dua tahun terakhir saja ada ratusan mesin Weichai yang digunakan oleh bus-bus, terutama oleh bus TransJakarta.

Di 2012 saja ada 18 unit bus TransJakarta yang menggunakan mesin Weichai meski merek bus itu adalah Ankai. "Paling mudah, lihat di bus-nya. Kalau ada logo Weichai Powered itu berarti pakai mesin Weichai," katanya.

Itu tadi baru di tahun 2012. Di tahun 2013 angka bus yang menggunakan mesin Weichai makin banyak. Total ada 244 bus yang menggunakan mesin Weichai. Mesin-mesin Weichai itu diguanakan oleh bus-bus dengan berbagai merek mulai dari Ankai, BCI hingga Zhong Thong.

"Yang baru di launch itu kalau tidak salah ada 90 unit lagi. Itu semua pakai mesin Weichai walaupun busnya bukan merek kita. Jadi banyak merek menggunakan mesin dari kita," kata Senior Manager of After Market Weichai Indonesia, Evron Sinaga di kantor Weichai di Jakarta Barat.

Evron lalu mengatakan kalau semua mesin Weichai yang digunakan untuk TransJakarta adalah mesin berbahan bakar gas. Pihaknya, lanjut Avron, memberi garansi panjang untuk mesin tersebut yakni 2 tahun atau 200.000 km. "Dari Jepang atau Eropa biasanya 1 tahun saja garansinya," cetusnya.

Untuk membuat konsumen --terutama pemerintah ibukota-- yakin, Weichai menurut Evron menyediakan layanan purna jual. Khusus untuk bus tingkat, Weichai akan melakukan service tiap 5.000 km dan menyediakan teknisi yang siap sedia bila ada masalah.

"Sebenarnya kita tidak terlibat dalam penjualan bus-bus ini, itu kan yang jual perusahaan lokal yang ikut tender pemerintah. Kami hanya menyediakan, tapi sebagai bentuk tanggung jawab kami siapkan teknisi dan suku cadang. Ini sebenarnya tidak ada di kausul jual-beli, tapi inisiatif, kami sediakan," lugasnya.


0 comments:

Post a Comment