Wednesday, May 21, 2014

Ini Jenis Kendaraan yang Bakal Tak Dapat Stiker Khusus BBM Subsidi

Ini Jenis Kendaraan yang Bakal Tak Dapat Stiker Khusus BBM SubsidiJakarta - Pemerintah berencana mengeluarkan kebijakan pengendalian konsumsi BBM subsidi dengan stiker khusus, ada beberapa jenis kendaraan yang tak diizinkan membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Kendaraan-kendaraan tersebut tak akan mendapat stiker khusus alias tak boleh membeli BBM subsidi.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Edy Hermantoro mengungkapkan kendaraan yang boleh atau bisa mendapatkan stiker tersebut adalah kendaraan di luar ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pengendalian Penggunaan BBM. Artinya kendaraan pribadi dan angkutan umum bakal mendapatkan stiker khusus.

"Kriteria bisa dapatkan stiker BBM? ya kendaraan yang di luar ketentuan Permen 1/2013, seperti kendaraan (mobil dinas) pemerintah pusat dan pemda, kendaraan BUMN-BUMD, kendaraan (truk) pertambangan dan perkebunan dan lainnya, kendaraan itu tidak bisa dapat stiker artinya tanpa stiker tidak bisa beli BBM subsidi," ucap Edy ditemui di The 38th Indonesia Petroleum Association (IPA) Convex 2014, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (21/5/2014).

Edy menegaskan, penerapan stiker tersebut harus tahun ini karena ada risiko melonjaknya anggaran subsidi BBM karena faktor dolar AS dan risiko meningkatnya konsumsi. Pihaknya juga sudah mengirim surat ke Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) jauh-jauh hari.

"Kapan dipasang stikernya? harusnya sekarang," ucapnya.

Ia menambahkan agar penerapan stiker khusus BBM subsidi ini berjalan efektif, tentunya diharapkan kerjasama semua pihak mulai dari BPH Migas dan Pemda-Pemda masing-masing.

"Ini dalam rangka pengendalian, agar konsumsi BBM subsidi tidak melebih target yang ditentukan APBN yakni 48 juta kilo liter," tutupnya.

Rencananya tulisan stiker khusus itu akan tertulis 'Kendaraan Ini Boleh Menggunakan BBM Subsidi'. Sedangkan stiker khusus yang dibuat tahun lalu dan terbukti gagal yaitu tertulis 'Kendaraan Ini Tidak Menggunakan BBM subsidi'.




0 comments:

Post a Comment