Tuesday, July 8, 2014

Panduan Persiapan Motor untuk Mudik ala Suzuki

Panduan Persiapan Motor untuk Mudik ala SuzukiJakarta - Ketika lebaran tiba, salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah mudik ke kampung halaman. Nah, bagi mereka yang hendak melakukannya dengan sepeda motor, simak tips berikut ini.

Pertama-tama, tentu saja persiapkan moto Anda. Manfaatkan prinsip T-CLOCK yang disarankan oleh Suzuki ini.

T berarti Tires and wheels alias ban dan roda. Periksa tekanan angin dan kedalaman alur. Periksa pula apakah ada keretakan atau benjolan pada ban, bila ada, ada baiknya Anda memilih opsi untuk mengganti ban tersebut.

Periksa pula pelek motor. Bila casting wheel, periksa apakah ada keretakan atau kebengkokan atau tidak, bila spoke wheel alias jari-jari, periksa apakah harus dikencangkan atau tidak.

C alias Controls (kontrol kemudi). Pastikan kontrol kemudi dalam keadaan siap. Pastikan pula kabel-kabel seperti gas, kopling, rem dan kelistrikan kendaraan.

L atau Lights and electrical (lampu dan kelistrikan. Pastikan lampu-lampu dan kelistrikan berfungsi dengan baik. Periksa juga apakah baterai/aki terpasang kuat dan masih berfungsi dengan baik serta cairan elektrolitnya cukup.

O atau Oil and fluids (oli dan cairan). Periksa pula oli mesin dan oli rem Anda. Tambahkan bila kurang dengan spesifikasi yang sesuai. Periksa juga selang-selang pendukungnya.


0 comments:

Post a Comment