Thursday, October 9, 2014

Ini Daftar Angka Konsumsi BBM Rata-rata Mobil

Ini Daftar Angka Konsumsi BBM Rata-rata MobilJakarta - Untuk urusan mobil dengan konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) paling irit rasanya belum ada pabrikan yang sanggup mengalahkan produsen Jepang. Lihat saja dalam daftar pabrikan paling irit BBM yang baru dirilis hari ini.

Lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika (EPA) merilis daftar produsen dengan kendaraan yang memiliki konsumsi BBM yang paling irit dan emisi karbon dioksida yang rendah.

Pada urutan 1-4 diisi oleh pabrikan Jepang yakni Mazda, Honda, Subaru dan Nissan. VW menyelip di urutan kelima mengalahkan Toyota. Kemudian BMW, Daimler, Ford dan GM serta Chrysler dan Fiat berada di urutan berikutnya.

EPA menghitung konsumsi BBM mobil model tahun 2013 yang dipasarkan di Amerika, hasilnya rata-rata mobil model 2013 memiliki konsumsi BBM sebesar 10 km per liter.

Lembaga itu mencatat mobil-mobil zaman sekarang makin efisien dibanding 9 tahun yang lalu. Rata-rata emisi karbon dioksida yang dikeluarkan kendaraan juga semakin mengecil, dan tahun ini mencapai rekor terendah di angka 369 gram per mil.

Salah satu pabrikan yang mengalami perbaikan besar-besaran dalam angka konsumsi BBM adalah Nissan. Sementara jika dihitung per model, maka model SUV (Sport Utility Vehicle) lah yang mengalami perbaikan besar-besaran.

"Laporan kami menunjukkan mobil kini menghemat pengeluaran warga Amerika dan mengeluarkan lebih sedikit gas rumah kaca. Kami sangat senang melihat pabrikan terus berinovasi dan membawa teknologi yang lebih irit BBM lebih cepat daripada yang kami perkirakan," ujar administrator EPA Gina McCarthy di situs resmi EPA.

Berikut daftar lengkap data-data konsumsi BBM rata-rata per pabrikan:



  1. Mazda 11,94 km per liter
  2. Honda 11,64 km per liter
  3. Subaru 11,35 km per liter
  4. Nissan 11,13 km per liter
  5. VW 10,9 km per liter
  6. Toyota 10,67 km per liter
  7. BMW 10,4 km per liter
  8. Daimler 9,5 km per liter
  9. Ford 9,4 km per liter
  10. GM 9,35 km per liter
  11. Chrysler-Fiat 8,89 km per liter

0 comments:

Post a Comment