Thursday, October 30, 2014

Ini Resep Thailand Jadi Raksasa Otomotif

Ini Resep Thailand Jadi Raksasa OtomotifJakarta - Thailand memiliki keunggulan dari sisi produksi mobil dan kinerja ekspor otomotif yang sangat signifikan. Padahal negara dengan penduduk 67 juta jiwa ini memiliki pasar yang jauh lebih rendah dari Indonesia.

Ada beberapa catatan yang menjadi rahasia Thailand bisa melakukannya, terutama terkait posisi Thailand yang menjadi tujuan investasi otomotif di ASEAN. Kelebihan Thailand daripada Indonesia,Pertama adalah soal kemudahan fasilitas pelayanan terhadap investor, termasuk proses pembebasan lahan yang lebih mudah daripada Indonesia.

Peranan Board of Investment atau semacam Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Indonesia yang sangat konsisten dalam memberikan kemudahan bagi investor, termasuk kemudahan-kemudahan pelayanan lainnya. Peranan BKPM di Thailand langsung bertanggung jawab kepada Perdana Menteri.

Badan investasi Thailand mengkoordinasikan internal pemerintah seperti menteri keuangan, menteri perindustrian, dan menteri perdagangan. Selain itu, ada koordinasi yang baik dengan Kadin Thailand, dan para perbankan. Salah satu contoh padunya peranan BKPM Thailand ini adalah soal kebijakan program mobil ramah lingkungan atau eco car programe.

Pelayanan yang baik terhadap investor menjadi nilai lebih bagi Thailand, mulai dari kemudahan penyediaan informasi terkait data kepada investor seperti melalui internet, seminar,publikasi dan lainnya. Termasuk menyediakan kantor perwakilan khusus untuk sarana konsultasi investor di luar negeri mencakup 13 kantor perwakilan di 9 negara.

Setelah investor mau masuk berinvestasi, mereka tak segan-segan mengajak mitra lokal untuk bergabung dengan investor. Pada tahap awal melakukan penjajakan investasi, pihak BKPM Thailand menyediakan berbagai dokumen dengan berbagai bahasa termasuk dalam bahasa Inggris, sehingga memudahkan pemahaman calon investor.

Yang paling mengesankan lagi, Thailand benar-benar menerapkan pelayan terpadu satu pintu (PTSP) dalam hal perizinan investasi. Di Thailand ada 10 kementerian yang penerbitan izinnya dalam satu atap/satu pintu,antara lain kementerian keuangan, industri, perdagangan, ketenagakerjaan,ESDM, kesehatan, transportasi, pariwisata dan lainnya.


0 comments:

Post a Comment