Thursday, October 30, 2014

Rajai Otomotif ASEAN, Thailand Punya Ribuan Pemasok Komponen Mobil

Rajai Otomotif ASEAN, Thailand Punya Ribuan Pemasok Komponen MobilJakarta - Thailand unggul dalam produksi dan kinerja ekspor mobil terbesar di ASEAN. Capaian ini karena industri pendukung otomotif sangat berkembang dibandingkan dengan di Indonesia.

Jumlah perusahaan pemasok komponen (supplier) kendaraan mobil di Indonesia hanya 36%. Hingga Januari 2014, jumlah pemasokan komponen otomotif di Indonesia baru mencapai 709 supplier, sedangkan di Thailand dalam periode yang sama sudah mencapai 1965 supplier komponen. Dari seluruh jenis komponen otomotif, Thailand masih tetap unggul dari sisi jumlah, misalnya pemasok komponen produk mesin, transmisi, suspensi, sistem,body, ban hingga batere, sistem keamanan, sistem komunikasi, alat cetak, material, besi dan baja, resin hingga karet ditujukan ke pasar ekspor.

President of Thai Auto-Parts Manufacturing Association (TAPMA) Thailand Achana Limpaitoon mengatakan, pihaknya membawahi 600 anggota yang terdiri dari 2000 pemasok komponen otomotif.
"Ide dari TAPMA membantu masalah pemerintah dengan pabrikan pembuat komponen," katanya dalam acara media trip to Thailand oleh PTToyota MotorManufacturing Indonesia (TMMIN)di kantor TAI, Bangkok, Thailand, Kamis (30/10/2014).

Ia mengatakan pemerintah Thailand sudah sejak lama mendorong lokalisasi komponen produk otomotif sebelum tahun 2000. Kebijakan pemerintah mengutamakan komponen lokal daripada komponen impor, dengan mendorong pelaku usaha komponen IKM hingga skala besar.

"Sehingga menjadi basis produksi Industri kecil berkembang seperti jamur, supaya kita membangun onderdil, dari pada diimpor dari luar," katanya

Ia menjelaskan untuk para perusahaan pemasok skala kecil, pemerintah menyediakan sentral laboratorium pengujian. Tujuan untuk bisa mengurangi ongkos kirim testing di luar negeri dan membangun RnD di Thailand.

"TAI meminta pemerintah membangun testing lab," katanya.

Berdasarkan data Thailand Automotive Institute (TAI), di Thailand terdapat 18 perusahaan perakit industri mobil dengan 20 mereka dan ada 7 perusahaan perakit industri motor dari berbagai produsen otomotif dunia.

President of Thailand Automotive Institute Vichai Jirathiyut mengatakan dari perusahaan pemasok komponen otomotif untuk tier 1 mencapai 648 perusahan yang menyerap 250.000 tenaga kerja. Lalu untuk Tier 2 dan 3 menyerap 340.000 tenaga kerja.



0 comments:

Post a Comment