Sunday, October 5, 2014

Supercharging, Turbocharging dan Diesel Jadi Pembuktian KIA

Supercharging, Turbocharging dan Diesel Jadi Pembuktian KIAJakarta - Siapa yang merehkan pabrikan otomotif asal Korea, KIA? Sepertinya harus berpikir ulang. Sebab KIA langsung membuktikan eksistensi dirinya dengan menggabungkan 3 teknologi terbaiknya saat ini dalam satu model.

Seperti tertulis dalam leftlanenews, Senin (6/10/2014), Supercharging, turbocharging, dan mesin diesel terbaru lah yang langsung dikombinasikan KIA dalam satu tubuh yakni pada KIA Otima T-Hybrid (T-untuk Turbo).

Hasilnya cukup memukau, sebut saja tenaga yang dihasilkan mesin 1.7 liter CRDi Turbo diesel ini mampu mencapai 134 tenaga kuda dan torsi mencapai 239 lb-ft, padahal motor listriknya terbilang kecil.

Selanjutnya berbeda dengan hybrid KIA lainnya, tenaga listrik dalam Otima T-Hybrid kali ini menggunakan baterai lead-carbon 48 V. Dimana baterai ini tidak memerlukan pendingin tambahan, dan tidak berbahaya untuk lingkungan, lebih kecil, dan lebih ringan.

Tidak sampai disitu Optima T-Hybrid ini juga mampu berkendara dalam kecepatan rendah. Teknologi start-stop juga tidak lupa diselipkan, dan menambah irit penggunaan kendaraan.

Terakhir Kia juga mengatakan bahwa supercharger listrik juga bisa diselipkan kedalam sistem turbo, untuk meningkatkan daya low-end dan torsi.

Meskipun KIA tidak mengungkapkan angka tenaga kuda yang dihasilkan, namun KIA memastikan mobil ini mampu menekan emisi gas buang mencapai 20 persen.


0 comments:

Post a Comment