Friday, December 19, 2014

Asap Mesin Diesel Picu Autisme

Asap Mesin Diesel Picu AutismeWashington - Asap yang disemburkan dari knalpot mobil diesel ditengarai bisa menimbulkan autisme. Sebuah penelitian menyimpulkan wanita hamil yang sering terpapar asap dari mobil bermesin diesel dua kali lipat berisiko memiliki anak autis.

Hasil penelitian Harvard School of Public Health yang dilansir Dail Mail, Sabtu (20/12/2014) menyebut, risiko meningkat di daerah dengan tingkat polusi lalu lintas, dan perempuan yang paling rentan mengalami risiko itu adalah yang memasuki masa terakhirb kehamilan. “Penelitian ini melihat dampak dari paparan PM 2,5, yakni partikel polutan kecil yang dihasilkan oleh mesin diesel,” bunyi laporan itu.

Para peneliti mengumpulkan data dari 116.000 perempuan yang tengah hamil. Kemudian mereka membandingkan data yang mereka peroleh dengan data Environmental Protection Agency dan sumber lainnya, tentang perempuan hamil di daerah yang memiliki udara bebas dari polutan.

Hasilnya, mereka mengindentifikasi 245 orang anak dari 1.522 orang anak yang diamati diagnose mengidap autis. Anak-anak yang autis itu merupakan anak dari ibu yang selama kemahilan terpapar asap mesin diesel.

Kesimpulannya, paparan PM2.5 - yang merupakan partikel terkecil polutan yang dihasilkan asap mesin diesel - secara signifikan terkait dengan autisme. "Data kami menguatkan hipotesis bahwa paparan polusi udara terhadap ibu hamil berkontribusi terhadap risiko gangguan spektrum autisme," kata Marc Weisskopf, profesor epidemiologi lingkungan Universitas Harvard.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment