Friday, December 19, 2014

Mobil Bertenaga Matahari Ini Mampu Berjalan Sejauh 110 Km

Mobil Bertenaga Matahari Ini Mampu Berjalan Sejauh 110 KmJakarta - Selain ramah lingkungan, mobil bertenaga matahari, Suryawangsa 2 yang diproduksi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang juga bisa berjalan dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Menurut pengakuan Project Leader Suryawangsa 2 Ahmad Muhtadi, mobil Suryawangsa 2 yang diproduksinya itu jika kondisi cuaca panas maka jarak tempuh yang dihasilkan akan semakin jauh.

"Kira-kira jaraknya itu bisa mencapai 100 sampai 110 km, itu jika tenaga yang disimpan penuh. Tapi semua itu tergantung kondisi jalannya," kata Ahmad di sela-sela peluncuran 2 mobil tenaga surya di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Kondisi jalan yang dimaksud Ahmad adalah, jika jalannya banyak yang menanjak maka akan lebih sedikit atau minimalnya mobil bertenaga matahari ini bisa mencapai jarak tempuh 80 km.

Lalu, bagaimana jika mobil ini diajak berkendara di malam hari yang tidak ada sinar matahari? Menurutnya, jika malam tetap bisa digunakan karena mobil ini tersedia baterai yang bisa menyimpan tenaga dari hasil sinar matahari pada waktu siang hari.

Ia juga menjelaskan bagaimana cara kerja dari mobil bertenaga matahari yang dibuatnya. Ketika siang hari, matahariya langsung mengkonversi hingga menjadi tenaga listrik. Setelah itu, tenaga listriknya ada juga yang langsung menyimpan ke baterai.

"Dengan begitu, tenaga yang dihasilkan bisa menjalankan mobilnya," tuntasnya.


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment