Friday, December 19, 2014

Membuat Mobil Surya Hanya Butuh Biaya Rp 150 Jutaan

Membuat Mobil Surya Hanya Butuh Biaya Rp 150 JutaanJakarta - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang membuat mobil bertenaga surya yang diberi nama Suryawangsa 2. Dalam membuat prototipe mobil ini, biaya yang dikucurkan pun tergolong tidak terlalu besar.

Menurut Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang, Pahri, dana riset microbus Solar-Car Suryawangsa 2 tipe Arjuna 4.0 ini sebesar Rp 107.000.000 dan jika diproduksi secara masal, maka biaya per-unitnya hanya Rp 99.000.000.

"Suryawangsa adalah sumbangan dan karya nyata sekolah Muhammadiyah untuk bangsa," tutur Pahri di sela-sela peluncuran 2 mobil tenaga surya di Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Lanjut Pahri, SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang ini bertekad untuk menjadi bagian dari motor teknologi mutakhir, tidak sebatas objek dari perubahan teknologi di masa yang akan datang.

Sementara itu, Project Leader Suryawangsa 2 Ahmad Muhtadi menambahkan, jika total keseluruhan biaya yang dikeluarkan dengan membeli beberapa komponen dari luar negeri maka biayanya mencapai Rp 150 jutaan.

"Ada beberapa komponen yang tidak bisa kita buat sendiri, jadi kita terpaksa membelinya di luar negeri," katanya.





(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment