Friday, December 19, 2014

Motor Pakai Gas Justru Tidak Efisien

Motor Pakai Gas Justru Tidak EfisienJakarta - Program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) saat ini kembali digencarkan, untuk mengurangi ketergantungan terhadap BBM. Namun konversi ini lebih menyasar kendaraan roda 3 dan di atasnya.

Ketua Asosiasi Perusahaan CNG Indonesia (APCNGI), Robbi S. Sukardi mengatakan, penggunaan BBG tidak efisien untuk roda 2 atau sepeda motor, karena ruang tangki kurang maksimal untuk BBG.

"Secara manufaktur (industri) itu tidak menarik. Sebab kalau dipertahankan dengan ukuran standar, pengguna motor harus lebih sering isi bahan bakar. Karena misalnya satu gelas diisi bensin muat 10 liter, kalau diisi gas hanya muat 3 liter setara premium (lsp)," jelas Robbi saat dihubungi, Jumat (19/12/2104).

Untuk konversi, Robbi mengatakan, pemerintah sekarang harus gencar membangun infrastruktur. Ini berupa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), serta mendorong pemilik kendaraan menggunakan converter kit.

Pemerintah, ujar Robbi juga harus mendorong produsen atau Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), untuk menyediakan kendaraan yang dilengkapi dengan converter kit, sehingga bisa langsung menggunakan BBG.


(dna/ddn)

0 comments:

Post a Comment