Monday, December 22, 2014

Masih Banyak Pemuda Selfie Saat Mengemudi

Masih Banyak Pemuda Selfie Saat MengemudiCanberra - Mengambil foto selfie sudah menjadi bagian gaya hidup. Apalagi, untuk anak-anak muda. Tapi, jika mengambil foto selfie pada saat mengemudi sama saja mengancam keselematan diri sendiri.

Seperti diwartakan Carsguide, Senin (22/12/2014), sebuah survei di Australia menunjukkan, 14 persen dari pengemudi berusia 18-24 tahun mengakui bahwa mereka telah mengambil foto selfie dan meng-upload-nya ke sosial media saat mengemudi. Pihak kepolisian menyatakan, pemuda yang mengemudi mobil itu tidak bisa menjelaskan seberapa banyak kecelakaan yang fatal dan serius akibat memainkan ponsel.

Survei lain dari AAMI yang melibatkan 1.000 pemuda juga menemukan, 17 persen dari responden di Australia Selatan mengatakan, mereka tidak bisa menolak menjawab telepon atau membaca teks saat berkendara. Sebagian pengemudi berusia muda lainnya telah sadar dengan risiko yang mereka ambil. Setidaknya 14 persen dari responden mengaku 'nyaris' mengalami kecelakaan saat menggunakan ponsel atau tablet mereka pada tahun lalu.

Juru bicara perusahaan asuransi AAMI Reuben Aitchison mengatakan, kecendrungan yang mengganggu itu muncul di kalangan pengemudi dengan usia muda. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa menjawab telepon atau membalas SMS hanya sedikit bagian dari masalah yang ditimbulkan oleh smartphone saat ini.

Salah seorang pengamat sosial, David Chalke mengatakan, sikap banyak orang untuk menggunakan ponsel saat mengemudi sudah mendarah daging.

"Survey ini menunjukkan perilaku orang dewasa muda yang khas dengan teknologi baru. Orang-orang merasa tidak mungkin untuk tidak menjawab telepon bahkan saat mengemudi," katanya.

Sementara itu, General Manager of Road Safety Motor Accident Commission Michael Cornish menyayangkan masalah ini. Sebab, keamanan pengguna jalan lain pun terancam.

"Jika mereka menyebabkan kecelakaan di jalan, mereka mungkin tidak hanya membahayakan dirinya sendiri, tetapi pengguna jalan lainnya. Dan konsekuensi dari hal ini (menggunakan ponsel) dapat mengancam nyawa mereka," kata Cornish.


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment