Monday, December 22, 2014

Yamaha: Beli Motor ke Diler Saja, Jangan Lewat Calo

Yamaha: Beli Motor ke Diler Saja, Jangan Lewat CaloJakarta - Calo tidak hanya bisa ditemui saat kita membeli tiket kereta untuk pulang kampung, tetapi ternyata saat membeli motor. Menjamurnya penjual 'ilegal' di sekitaran perumahan warga menjadi tantangan tersendiri bagi Yamaha Indonesia.

Asisten GM Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur menyatakan, jika ingin membeli motor, konsumen Yamaha diharapkan datang langsung ke diler resmi. Bukan ke penjual motor Yamaha di luar diler resmi itu.

"Tapi kondisi di lapangan, apakah memang tuntutan kebutuhan hidup atau gimana, ternyata ada broker atau pihak ketiga," kata Masykur.

Memang, penjual motor Yamaha selain diler resmi di lingkungan perumahan itu akan mempermudah konsumen yang tidak sempat datang ke diler resmi. Diperkirakan juga, penjual motor Yamaha 'ilegal' itu merupakan pihak yang berpengaruh pada lingkungan perumahan.

"Mungkin mereka itu orang yang berpengaruh di lingkungannya. Apakah Ketua RT atau apa. Mungkin juga konsumen malas datang jauh-jauh ke diler," lanjut Masykur.

Hal itulah yang menjadi tantangan Yamaha Indonesia. Produsen asal Jepang itu pun sedikit demi sedikit akan berusaha mengurangi penjual di luar diler resmi.

"Seperti PT KAI kan dulu ada calo tiket. Tapi sekarang sudah tidak ada calo tiket kan," papar Masykur.

Untuk itu, PT YIMM tengah mengusung pemesanan secara online demi mempermudah konsumen. Tapi, kata Masykur, yang menjadi masalah adalah daerah pelosok yang belum tersentuh akses internet.





(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment