Monday, December 22, 2014

Radiator Jangan Diisi Air Ledeng Ya...

Radiator Jangan Diisi Air Ledeng Ya...Jakarta - Hallo detikOto, saya pengguna Mitsubishi Kuda 1.6 tahun 2005. Sistim pendinginan selama ini menggunakan air ledeng biasa. Berdasarkan informasi, katanya lambat laun bisa mengakibatkan korosi mesin. Untuk itu, saya berniat ganti menggunakan coolant.

Yang ingin saya tanyakan apakah pergantian air biasa ke coolant berisiko? Karena saya banyak mendengar kasus akibat pergantian tersebut justru radiator dan water pump jebol. Terima kasih

Ryukent
Mojokerto

Jawaban dari tim MMC Technical Service Dept Krama Yudha Tiga Berlian Motors:

Pada dasarnya tidak ada risiko dalam hal penggantian air biasa ke water coolant. Jika timbul asumsi akibat penggantian tersebut mengakibatkan radiator dan water pump rusak, maka dapat kami sampaikan sebagai berikut:

-Penggunaan air ledeng biasa sebagai air pendingin dalam jangka waktu yang panjang kemungkinan akan timbul korosi dan timbul kerak pada sistem pendingin (tingkat korosi dan kerak tergantung pada kualitas air yang digunakan).

- Sebelum penggantian cairan, perlu dilakukan pembersihan radiator menggunakan radiator flush. Pada proses ini, lapisan kerak dan bekas korosi akan dibersihkan.


0 comments:

Post a Comment