Saturday, December 20, 2014

Periksa Tiga Bagian Ini Sebelum Berlibur Menggunakan Mobil

Periksa Tiga Bagian Ini Sebelum Berlibur Menggunakan MobilJakarta - Berlibur akhir tahun dengan menggunakan mobil tentu sangat menyenangkan.Namun, jika sederet masalah muncul di perjalanan, ketidaknyamanan atau bahkan ketidakamanan justru muncul. Karena itu mempersiapkan mobil sebaik-baiknya adalah hal yang wajib.

Menurt Kepala Bengkel KIA Mobil Bintaro, Fahmi, selain memastikan kondisi mesin dan mengganti oli, ada tiga bagian lain yang tidak kalah penting untuk dipastikan kondisinya. "Yang utama adalah pengereman. Karena kan pengereman berhubungan langsung dengan safety," tuturnya saat dihubungi detikOto, Minggu (21/12/2014).

Sistem pengereman yang baik, kata Fahmi, sangat ditunjang oleh oleh kanvas rem. Karenanya, kampas tidak boleh tipis dan kotor. Jika kondisi rem buruk dan perjalanan jauh tetap dilanjutkan, keamanan pengendara dan penumpangnya akan terancam.

"Yang pasti ketebalan kampas remnya. Apakah kampas rem sudah tipis. Kampas rem yang kotor juga akan mengganggu pengereman. Jangan lupa mermastikan kondisi minyak rem, gantilah jika sudah kadaluwarsa, dan tambahi juga berkurang," papar Fahmi.

Bagian lain yang penting untuk dipastikan adalah, sistem kelistrikan. Ingat, penyebab kecelakaan terbanyak setelah ban pecah adalah korsleting listrik mobil.

Jika kedua bagain itu selesai diperiksa. Giliran berikutnya adalah ban. Pastikan tingkat ketebalan ban masih di atas 60 persen. Jangan lupa juga meneriksa kondisi ban serep. “Kemudian pastikan tekanan angin telah sesuai dengan anjuran,” ucapnya.

Setelah urusan dengan mobil selesai, pastikan membawa obat-obatan ringan serta perlengkapan servis ringan. Kunci ban, berbagai kunci pas, serta lampu darurat juga wajib dibawa.


(rgr/arf)

0 comments:

Post a Comment