Wednesday, January 28, 2015

Ini Alasan Honda Buatan Indonesia Belum Diekspor

Ini Alasan Honda Buatan Indonesia Belum DieksporProbolinggo - Honda sudah memproduksi beberapa model seperti HR-V, CR-V, Jazz, Freed, Mobilio dan Brio Satya di tanah air. Namun hingga saat ini, mobil-mobil tersebut belum bisa dikirim ke luar negeri. Kenapa?

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy, di Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur mengatakan hingga saat ini Honda Indonesia mendapat tugas berat untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia terlebih dahulu.

"Sehingga sampai sekarang kita belum berencana untuk mengekspor," kata Jonfis.

Foto: Peresmian Pabrik Honda Mobilio

"Honda memiliki 3 pilar (wilayah penting) di Asia, yaitu Indonesia, Thailand dan India. Negara-negara ini memiliki tugas untuk bisa mencapai penjualan lokal market mencapai 300 ribu. Setelah itu baru bisa mengekspor keluar negeri," ujarnya.

Jonfis juga mengatakan bukan berarti Honda Indonesia tidak memiliki peran banyak untuk Honda di negara lainnya. Karena hingga saat ini Honda Indonesia sudah banyak mengekspor part-part keluar negeri.

"Secara unit kita tidak ekpor, secara komponen kita ekspor besar ke beberapa negara, nilainya besar," katanya.

"Tapi untuk mesin kita sudah memproduksi di Indonesia. Mesin HR-V, CR-V sudah diproduksi di sini, transmisi kita ekspor. Menambah ekspansi tergantung sama market. Lalu kapan kira-kira Honda Indonesia bisa menguasai market lokal mencapai 300 ribu? Kalau marketnya naik, bisa saja 2-3 tahun bisa tercapai," tambahnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment