Wednesday, January 28, 2015

Mau Bersaing dengan Thailand, Ekspor Mobil Indonesia Harus Moncer

Mau Bersaing dengan Thailand, Ekspor Mobil Indonesia Harus MoncerJakarta - Selama ini saingan terbesar Indoneisa dalam industri otomotif di negara-negara ASEAN adalah Thailand. Tapi, kedepannya Indonesia diprediksi bisa lebih unggul dibandingkan Thailand.

Ketua I Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) Jongkie D Sugiarto menjelaskan, Indonesia jangan sampai jago kandang atau beraninya menjual mobil di dalam negeri, tapi Indonesia juga harus berani mengekspor mobil.

"Kita harus berani meningkatkan ekspor. Salah satu cara untuk meningkatkan ekspor adalah seperti yang tadi saya bilang, pajak sedan diturunkan dari 30 persen menjadi 10 persen," kata Jongkie di Jakarta.

Dengan adanya ekspor, Jongkie melanjutkan industri otomotif Indonesia akan semakin besar. Tapi, dalam menentukan ekspor mobil dan menentukan produksi secara lokal hanya pihak prinsipal yang memiliki wewenang.

"Tapi kalau kita bisa meyakinkan mereka (prinsipal) untuk mau memproduksi sedan di Indonesia, ekspor kita akan jalan," katanya.

Direktur Corporate and External Affairs Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) I Made Dana Tangkas juga memperkirakan tahun 2015 ini ekspor mobil CBU dari Indonesia bisa tembus diangka 200.000 unit.

"Angka itu belum termasuk yang CKD ya, kalau dijumlah akan lebih banyak lagi pastinya," timpalnya.


(ady/arf)

0 comments:

Post a Comment