Tuesday, February 17, 2015

Asyiknya Belajar Safety Driving di Atas Lintasan Salju dan Es

Asyiknya Belajar Safety Driving di Atas Lintasan Salju dan EsLevi - Mengenal dan belajar safety driving bisa dengan cara apa saja. Kali ini, PT Pertamina Lubricants memiliki program Fastron Winter Driving Experience. Program ini mengajak sedikitnya 20 orang Indonesia terpilih untuk bisa mengendarai supercar di atas lintasan salju dan es.

Bukan hanya sekedar mengendarai atau kebut-kebutan di lintasan salju dan es, tapi 20 orang tersebut termasuk reporter detikOto, Aditya Maulana diberikan bekal teori dan praktek mengenai safety driving yang dikemas denan cara yang berbeda yakni di atas salju dan es di Levi, Finlandia.

Instruktur yang mengajari 20 orang Indonesia ini merupakan orang yang sudah mahir di bidangnya. Jadi ilmu safety driving yang diarjarkan bisa diterima dengan baik oleh semua peserta.

Pereli nasional sekaligus Brand Ambassador PT Pertamina Rubricants Rifat Sungkar menuturkan, 4 materi yang diberikan oleh instruktur internasional ini cukup berkesan, apalagi mereka mempraktekannya di lintasan yang berbeda dengan yang lainnya.

Tahap pertama, seluruh peserta diajarkan tentang bagaimana melakukan slalom yang baik dan benar. Menurut Rifat, sesi ini diajarkan untuk bagaimana posisi mengendarai yang benar. Artinya harus secara simultan dari kun pertama sampai kun terakhir dengan speed yang sama dan gaya yang sama.

"Disini kita harus bisa menentukan kapan kita melakukan pengereman, akeselrasi, dan yang paling penting adalah feeling ketika kita kapan harus mulai belok di masing-masing kun. Karena sebenarnya kun itu jarak masing-masing sama, tapi rasanya makin lama jaraknya makin sempit karena kecepatan mobil kita makin lama makin tinggi," beber Rifat kepada detikOto di Levi, Finlandia.

Tahap kedua, materi yang diberikan adalah bagaimana cara melewati leingkaran yang besar dan lingkaran yang kecil. Menurut Rifat, sebenarnya ada 2 pakem utama, yang pertama adalah kalau mau bikin cornering di donat (lingkaran) besar selalu punya patokan di luar tikungan, karena dalam lingkaran itu semakin kedalam speednya pasti makin tinggil dengan begitu mobil akan kebuang keluar nah manfaatkan berapa jauh kita bisa mendekat ke luar.


0 comments:

Post a Comment