Tuesday, February 17, 2015

'Kalau Jalan Licin, Jangan Injak Pedal Gas Dalam-dalam'

Levi - Selama berkendara supercar di lintasan salju dan es di Levi, Finlandia, hal yang sering ditemukan dan terjadi adalah mobil lebih mudah melintir atau tergelincir. Tapi, ketika kita bisa mengontrolnya, maka mobil akan dengan mudah dikendalikan.

Hal serupa juga bisa diterapkan dalam berkendara sehari-hari. Apalagi, ketika Anda dihadapkan dengan kondisi jalan yang licin setelah air hujan turun membasahi aspal atau jalanan.

Menurut Brand Ambassador PT Pertamina Lubricants, Rifat Sungkar, jika Anda dihadapkan dengan jalan yang sangat licin atau kondisi jalan setelah hujan, jangan sekali-kali menginjak pedal gas terlalu dalam, karena dampaknya akan sangat fatal.

"Ketika jalanan licin dan kita berharap dengan menginjak pedal gas kecang, mobil akan lebih maju itu tidak benar, karena semakin dalam gas yang kita injak dalam keadaan licin, mobil akan semakin tidak terkontrol," kata Rifat kepada reporter detikOto, Aditya Maulana yang ikut mengendarai supercar di atas lintasan salju dan es di Levi, Finlandia.

Jadi menurut Rifat, yang harus dilakukan adalah menjaga kecepatan dalam kedaaan tertentu terutama dalam keadaan jalan yang licin. Karena dengan pengalaman yang Anda punya jadi bisa memutuskan dalam keadaan seperti apa dan kecepatan berapa mobil itu dikemudikan.

"Betul-betul harus bisa menghadapi situasi ini (jalan licin) dengan bijak, karena tidak ada gunanya terburu-buru dalam suatu situasi apalagi jalan licin kalau kita sendiri tidak bisa menangani situasi tersebut, yang ada nanti Anda akan bahaya," katanya.


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment