Tuesday, February 10, 2015

Gaikindo Ingin Indonesia Masuk 5 Besar Otomotif Dunia

Gaikindo Ingin Indonesia Masuk 5 Besar Otomotif DuniaJakarta - Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang terus tumbuh membuat sektor otomotif ikut tersenyum. Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan mobil pun terus meningkat hingga terakhir tembus di angka 1,2 juta unit.

Hal itu juga tidak terlepas dari adanya minat masyarakat yang tinggi akan industri otomotif serta adanya pameran-pameran otomotif bertaraf internasional seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Ketua Penyelenggara GIIAS 2015, Johnny Darmawan mengatakan, pihaknya tidak membatasi adanya pameran otomotif. Semakin banyak pameran, maka akan mendorong industri otomotif Indonesia semakin maju.

"Saya berharap otomotif Indonesia itu bisa berada di posisi ke-5 atau 6 di dunia. Potensi itu sudah ada di Indonesia," tutur Johnny di acara Press Conference GIIAS 2015 di Empirica SCBD, Selasa (10/2/2015).

Seperti diberitakan sebelumnya, tahun ini, pameran otomotif akan ada 2. Satu pameran resmi dari Gaikindo, satunya lagi yang diselenggarakan oleh Dyandra dengan nama Indonesia International Motor Show (IIMS) yang bertempat di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

"Semakin banyak pameran buat kita semakin bagus karena bisa meningkatkan penjualan, tapi yang bernaung dengan organisasi adalah Gaikindo. Kami yang mendapatkan akreditasi dari Asosiasi Industri Kendaraan Bermotor Internasional (OICA)," tutupnya.

Tahun ini, penjualan mobil di seluruh dunia diprediksi akan mencapai 88,6 juta unit. Tiongkok dan Amerika diprediksi tetap menjadi motor otomotif dengan masing-masing menjual 25,2 juta unit, dan 20 juta unit.

Di Indonesia, penjualan mobil sendiri diprediksi masih stagnan karena banyak faktor negatif seperti fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing dan masih tingginya suku bunga kredit kendaraan.


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment