Tuesday, February 10, 2015

Polisi Dukung Kampanye Berkendara ala Ford

Polisi Dukung Kampanye Berkendara ala FordJakarta - Program Driving Skills for Life (DSLF) yang diusung Ford Motor Indonesia (FMI) kini memasuki tahun ke delapan. Program yang diharapkan bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas ini mendapat dukungan dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri).

Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono menuturkan, pihaknya sangat mendukung program DSFL. Soalnya, program ini sejalan dengan kampanye Korlantas Polri untuk menekan angka kecelakaan.

"Program ini sejalan dengan kampanye kami 'Bersatu, Keselamatan No. 1' dengan bekerja bahu membahu untuk menerapkan standar keselamatan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang teknik keselamatan bergendara," ujar Condro di acara konferensi pers Ford Driving Skills for Life, di Markas Korlantas Polri, Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Dengan begitu, Condro berharap, jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia bisa bisa dikurangi. Data Korlantas Polri mencatat, kasus kecelakaan selama tahun 2013 terjadi sebanyak 101.037 kasus. Sementara kecelakaan sepanjang 2014 itu menimbulkan korban meninggal dunia sebanyak 28.648 orang.

Sementara itu, sejak diluncurkannya program DSFL oleh Ford di tahun 2008, hampir 9.500 pengemudi yang memiliki SIM telah mengikuti sesi pelatihan DSFL. Pengemudi tersebut termasuk karyawan dari berbagai bidang bisnis dan perusahaan, lembaga pemerintahan, kelompok berkepentingan khusus, LSM, komunitas mobil, awak media serta karyawan internal Ford Motor Indonesia.

Program ini memberikan pelatihan berupa teori dan praktik. Pelatihan tersebut mencakup tips untuk mengantisipasi kondisi jalan, mencegah berkendara melebihi batas kecepatan, cara merawat kendaraan agar kendaraan tetap hemat bahan bakar, penggunaan sabuk keselamatan, menghindari gangguan konsentrasi saat berkendara serta menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.





(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment