Monday, March 9, 2015

Generasi Anyar Audi A8 Akan Jadi Mobil Otonom

Generasi Anyar Audi A8 Akan Jadi Mobil OtonomJakarta - Generasi terbaru sedan mewah Audi A8 dikatakan akan mendapatkan teknologi yang lebih canggih. Pabrikan otomotif asal Jerman itu mengungkapkan, A8 teranyar nantinya akan menampilkan sistem self-driving atau dikenal dengan mobil otonom.

Seperti dilansir Digital Trends dan Autoguide, Senin (9/3/2015), sistem mobil otonom itu disebut “Traffic Jam Pilot”. Dengan sistem itu, mobil bisa berjalan sendiri di jalan raya yang padat dengan melajukan kecepatan maksimal 37 sampai 50 mil per jam (60 sampai 80 km/jam).

Versi produksi Audi A8 generasi terbaru akan menerapkan teknologi yang sama dengan prototipe mobil otonom Audi A7. Sebelumnya, Audi telah menguji coba mobil otonom A7 dengan melajukannya secara otomatis dari Silicon Valley ke Las Vegas untuk tampil di ajang pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Nantinya, Audi A8 akan menggunakan kamera 3 dimensi yang ditanamkan di bodi luar. Selain itu, Audi akan memanfaatkan radar dan sensor infrared untuk memantau jalan dan lalu lintas di depan.

Sementara di dalam kabinnya, tertanam sepasang kamera yang akan memantau mata pengemudi. Mobil itu juga akan mengingatkan pengemudinya jika mereka mulai tertidur. Jika alarm tidak bekerja atau pengemudi tidak merespon, Audi A8 secara otomatis akan berhenti.

Dengan begitu, teknologi mobil otonom pada Audi A8 tidak akan membiarkan pengemudinya memainkan ponsel atau bahkan tertidur saat kendaraan beroperasi sendiri. Teknologi itu akan mengoperasikan kemudi, rem dan mempercepat laju secara otomatis hanya pada saat lalu lintas sedang padat.


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment