Monday, March 9, 2015

Seberapa Penting Pameran Bagi Pertumbuhan Industri Otomotif?

Seberapa Penting Pameran Bagi Pertumbuhan Industri Otomotif?Genewa - Diberbagai belahan dunia penyelenggaraan pameran mobil pasti digelar. Termasuk Indonesia yang ikut menyelenggarakan pameran mobil, yang menampilkan berbagai model terbaru dan teknologi terbaru.

Tapi seberapa penting sih, suatu pameran mobil untuk pertumbuhan industri otomotif di Indonesia?

"Seberapa besar pertumbuhannya (ikut berkontribusi) Saya tidak bisa jawab, tapi kalau disebut salah satu faktor pemicunya (merangsang pertumbuhan pasar), itu iya," ucap Ketua III Gaikindo Johnny Darmawan, yang juga Ketua Penyelenggara GIIAS, di Geneva Motor Show 2015.

Johnny juga menambahkan, suatu pameran mobil itu tidak bisa dijadikan hal utama untuk menambah penjualan mobil disatu negara termasuk Indonesia.

"Karena likuiditas, pajak, dan infrastruktur tidak berjalan ditambah action rate mencapai Rp 13.000. Siapa yang mau membeli? Kalau semuanya naik (ongkos produksi dan lain-lain), Cost-nya akan naik semuanya," tambahnya.

Namun Johnny tidak menepis, pameran seperti di Indonesia bisa meraup keuntungan yang besar. Meski untuk mengadakan pameran itu sangat mahal sekali.

"Kalau dihitung kasar, misalnya di 2013, waktu itu ada 438.000 unit. Coba di-kali rata-rata mobil mencapai Rp 150 juta. Sehingga jika disebut pameran mobil ini alat promosi yang hebat, itu betul sekali. Ini salah satu alat promosi yang baik. apakah dominan menentukan pasar jawabannya tidak," ucapnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment