Wednesday, March 18, 2015

Konverter Kit BBG Ini Pakai Pelindung Tabung Gas Antibeku

Konverter Kit BBG Ini Pakai Pelindung Tabung Gas AntibekuJakarta - Penggunaan tabung gas Elpiji untuk kendaraan bermotor sering kali membeku sehingga menyebabkan tersendatnya saluran gas ke mesin. Gas yang membeku itu ditimbulkan akibat tabung yang diletakan di tempat terbuka.

Namun, PT Tritunggal Prakarsa Global (TPG) menyediakan konverter kit yang bisa meredam kebekuan gas. Konverter itu menggunakan kotak yang kedap udara.

"Kita pakai kotak kemasan kedap udara, namanya safety box. Kotak ini mencegah tabung gas LPG dingin dan membeku. Tabung beku karena udara, kalau pakai safety box ini kan kedap udara," kata R&D Manager PT TPG, A. Hakim Pane di acara INAPA 2015 di Kemayoran, Jakarta.

Jadi, meski menggunakan bahan bakar gas (BBG), keamanan tetap terjamin. Sebab, ada pula sensor pendeteksi kebocoran gas pada yang ditanam di kotak kemasan itu.

"Ini aman. Jadi ada sensor pendeteksi kebocoran gas. Kalau gas bocor, sensor akan bunyi. Nanti otomatis dia buang gas yang bocor," klaim Hakim.

Konverter kit itu bisa digunakan untuk tabung gas elpiji 12 kg yang sering ditemui di warung pinggir jalan. Dengan begitu, pengisian ulang BBG lebih mudah ketimbang harus mencari SPBG yang masih jarang.

"Kita bisa pakai gas Elpiji 12 kg. Jadi kalau habis tinggal ganti di warung. Waktu itu saya Jakarta-Surabaya cuma habis dua tabung," akunya.


0 comments:

Post a Comment