Wednesday, March 4, 2015

Lexus Kenalkan LF-SA, Calon Pesaing MINI

Lexus Kenalkan LF-SA, Calon Pesaing MINIJenewa - Merek mewah milik Toyota, Lexus, akhirnya secara resmi memperkenalkan konsep hatchback buatannya, LF-SA di Geneva Motor Show 2015. Jika diproduksi, mobil subkompak berdesain agresif itu bakal menjadi pesaing berat dari hatchback MINI dan Audi A1.

Seperti diwartakan Automotivenews, Rabu (4/3/2015), Alain Uyttenhoven, Kepala Lexus di Eropa menyebut, konsep itu merupakan mobil paling kompak yang pernah dibuat oleh Lexus. Dan kemungkinan mulai dijajakan pada 2018.

"SA akan menjadi mobil petualangan kecil. Ini adalah mobil paling kompak yang pernah dibuat oleh Lexus," ucapnya di arena pameran.

Sementara, Executive Vice President Lexus Internasional, Mark Templin, mobil ini baru sebatas konsep dan menjadi sebuah petunjuk bagaimana merek memikirkan tentang masa depan. Terutama, di saat konsumen menghadapi kondisi kota yang semakin macet dan diharapkan membeli mobil yang berukuran kecil.

Saat ini MINI dan Audi A1 telah menguasai ceruk pasar mobil kompak premium di Eropa. Di wilayah itu hanya ada enam model mobil kompak premium yang ditawarkan.

Templin menegaskan, LF-SA itu tak akan dibanderol murah demi mendongkrak penjualan. "Kami tidak ingin menggeser harga ke tingkat lebih rendah dengan mobil ini," ucapnya.

Namun yang pasti, dengan mobil itu, Lexus berniat ingin menggenjot penjualannya di Eropa. Maklum, di benua ini, penjualan Lexus di segmen mobil mewah tak secemerlang yang diharapkan dibanding merek besutan pabrikan Jerman.

Tahun lalu, Lexus hanya berhasil melego 31.079 unit. Meski naik 30 persen dibanding tahun sebelumnya, namun menurut Asosiasi Industri mobil Eropa, ACEA, Lexus hanya menggenggam pangsa pasar tak lebih dari 0,2 persen.

Sementara, Audi meraih 5,6 persen pangsa pasar. Adapun BMW dan Mercedes, masing-masing berhasil merebut 5,5 dan 5 persen.

Sedangkan data dari JATO Dynamics, penjualan mobil Lexus CT sepanjang 2014 lalu mencapai 10.140 unit. Penjualan itu naik 9 persen dibanding tahun sebelumnya.

0 comments:

Post a Comment