Friday, May 8, 2015

80 Persen Kecelakaan Lalu Lintas Disebabkan Perilaku Buruk

80 Persen Kecelakaan Lalu Lintas Disebabkan Perilaku BurukJakarta - Sekitar 80 persen kasus kecelakaan yang terjadi di Indonesia selama ini disebabkan oleh mentalitas dan sikap buruk pengendara. Dan dari sikap buruk itu, yang terbanyak adalah cara mengendara atau mengemudi yang agresif.

“Mengemudi agresif itu artinya mengendara atau mengemudikan kendaraan dengan cara sembrono, menyalip atau memotong jalur dengan semaunya, tancap gas tidak pada tempatnya tanpa mengindahkan orang lain. Intinya tak hirau dengan kondisi dan sitausi,” tutur Communication & Event Manager Asuransi Astra Garda Oto, Iwan Pranoto saat ditemui di sela acara Garda Oto Goes To School, di SD Tarakanita Jakarta Selatan, Jumat (8/5/2015).

Menurut Iwan, cara mengemudi yang agresif di jalanan, khususnya Jakarta dan sekitarnya yang kondisi lalu lintasnya padat â€Â" kerap berujung pada kecelakaan. Memang, kasus kecelakaan yang dimaksud bukan hanya kasus tabrakan dengan akibat fatal dan menimbulkan korban luka atau meninggal pada seseorang.

“Kecelakaan yang dimaksud bisa berupa terjadi serempetan, mobil menabrak pembatas jalan, tiang listrik, dan lain-lain sehingga mobil mengalami kerusakan berat maupun ringan,” paparnya.

Mengemudi dengan agresif merupakan bagian dari mentalitas dan sikap berkendara yang buruk. Mentalitas dan sikap sembrono itu termasuk lalai mengecek rem, tekanan ban, tak menggunakan sabuk pengaman, tak memakai helm saat mengendarai motor.

“Bahkan termasuk penggunaan lampu hazard yang tak tepat, tidak tepat menyalakan lampu sein, dan cara mendahului kendaraan lain yang salah,” ujar Iwan.

Melihat fakta seperti itu dalam rangka kampanye keselamatan dan kenyamanan berlalu lintas di jalan, Garda Oto juga menggelar workshop tentang defensive driving. Acara yang dilakukan bersama lembaga Tehe Real Driving Center itu, digelar berbarengan dengan acara Garda Oto Goes To School ke sejumlah sekolah dasar.

Dalam acara itu selain memberikan pelatihan dan pemahaman cara berlalu lintas yang baik dan benar kepada siswa sekolah dasar dan orang tua mereka.


(arf/ady)

0 comments:

Post a Comment