Friday, May 8, 2015

Polri Harapkan SIM Khusus Moge Berlaku Tahun Depan

Polri Harapkan SIM Khusus Moge Berlaku Tahun DepanYogyakarta - Beberapa waktu lalu, Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) menyatakan pertimbangannya untuk menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sesuai dengan kapasitas mesin sepeda motor. Diperkirakan, klasifikasi SIM berdasarkan kapasitas mesin motor itu akan terealisasi pada 2016.

Kepala Korlantas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Condro Kirono mengatakan, perbedaan SIM berdasarkan kapasitas mesin diperlukan. Sebab, pihaknya melihat kesulitan serta performa mesin yang berbeda tiap kapasitas mesin motor.

"Kita sedang mengarahkan hal ini, mungkin akan ada perbedaan untuk kelas motor sendiri," kata Condro saat ditemui usai peresmian Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta, Jumat (8/5/2015).

Condro berharap, rencana ini akan terealisasi pada tahun depan. "Mudah-mudahan sudah ada tahun 2016," ujarnya.

Soal pembagian klasifilasi SIM motor, Condro masih belum bisa menginformasikan lebih detail. Tapi menurutnya, pihaknya mungkin akan membagi ke tiga kategori SIM motor.

"Mungkin kita akan bagi per cc. Misalnya, kategori di bawah 250 cc, lalu ada lagi 250-500 cc dan kemudian di atas 500 cc. Sehingga mungkin nantinya ada SIM C, SIM C1 dan SIM C2," jelasnya.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment