Thursday, August 13, 2015

Ingat Avanza dan Veloz Minimal Pakai BBM Pertalite

Ingat Avanza dan Veloz Minimal Pakai BBM PertaliteJakarta - Mesin Avanza dan Veloz kini sudah berbeda dari yang dulu. Bahasa teknisnya, pakai mesin Dual VVT-i alias dual katup pada intake dan exhaust mesin agar kinerja mesin lebih irit dan performa lebih greng, untuk urusan bahan bakar mobil persyaratan minimumnya memakai RON 90.

“Pakai Pertalite lah minimum,” ujar Iwan Abdurrahman dari Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor di rest area Km 39 Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (13/8/2015).

Dengan mesin yang baru ini ada penambahan bobot sekitar 60 kg karena dimensi mesin yang besar. Namun meski begitu tidak banyak mengalami penambahan dimensi bodi karena Avanza model lama sudah menyisakan ruang yang cukup untuk mesin yang lebih besar.

Mesin NR Series pada Avanza dan Veloz memiliki kode mesin 1NR-VE (1.300 cc) dan 2NR-VE (1.500 cc) menggantikan mesin lama 3SZVE.

“Jadi benar-benar seri yang baru, yang baru ada dual VVT-i, ada dua katup di intake dan di exhaust mesin juga ada,” jelasnya.

Selain itu mesin terbaru Avanza ini juga bisa mendeteksi pergantian bensin dengan lebih mudah karena sensor knocking-nya bisa mendeteksi lebih lebar.

“Kalau di mesin mobil keluaran lama, kalau ganti Premix, diganti sudut pengapian, timingnya diubah, yang sekarang melakukan tugas itu ada yang namanya sensor kokcing, yang Avanza lama sensor knockingnya narrow band, jadi pendeteksian tidak bisa segala ngelitik, baru dia adjust timing, nah yang sekarang wide band, dari ngelitik kecil sampai gede bisa terdeteksi,” ujarnya.