Friday, August 21, 2015

Toyota Kenalkan Mobil Personal i-Road

Toyota Kenalkan Mobil Personal i-Road Tangerang Selatan - PT Toyota-Astra Motor membawa dua model kendaraan ramah lingkungan besutan Toyota di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Langkah ini dilakukan karena persoalan lingkungan semakin mendesak, yakni langkanya bahan bakar fosil, kemacetan parah, dan langkanya lahan parkir.

"Jadi, ini merupakan bagian dari inovasi yang dilakukan dengan dasar semangat Beyond Drive," tutur Marketing Director PT TAM, Rahmat Samulo, di arena GIIAS, ICE-Serpong, Jumat (21/8/2015).

Mobil yang personal - dengan varian berkapasitas satu dan dua orang - itu menggunakan sumber tenaga dari arus listrik. Dia dibangun dengan dasar penggabungan antara fleksibilitas dan sifat compact dari sebuah motor.

"i-Road digunakan di area-area yang lalu-lintasnya padat dan mengintegrasikan sistem transportasi umum. Misalnya, dari stasiun ke kantor, dan dari kantor ke stasiun transportasi umum," ujar Samulo.

 Dengan karakter seperti itu, maka i-Road adalah sarana transportasi personal untuk jarak dekat. Meski begitu, mobil dengan panjang 2.345 mm dan lebar 870 mm, itu mampu menempuh jarak hingga 50 kilometer.

Bahkan mampu berlari dengan kecepatan 60 km/jam. Hanya, meski di Grenoble, Prancis, dan di Tokyo, Jepang, telah diuji coba dengan sistem car sharing, namun di Indonesia i-Road belum akan diluncurkan ke masyarakat dengan cara car sharing.

Soalnya, kata Samulo, i-Road masih dalam tahap uji coba yang akan terus disempurnakan berdasar masukan dari hasil car sharing. Kedua, mobil itu memang belum dijual oleh Toyota.

"Apalagi, belum ada stasiun pengisian baterai listrik. Karena kalau di negara dimana uji coba dilakukan, mobil itu ditempatkan di area dekat stasiun pengisian listrik. Kalau di kita belum ada, makanya belum ada rencana (diuji coba di Indonesia dengan cara car sharing)," imbuh Samulo.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment