Monday, September 28, 2015

2,1 Juta Unit Mobil Audi Terseret Skandal Emisi VW

2,1 Juta Unit Mobil Audi Terseret Skandal Emisi VWIngolstadt - Anak perusahaan Volkswagen, Audi terbukti menggunakan software yang sama digunakan oleh Volkswagen untuk mencurangi uji emisi gas buang. Sebanyak 2.1 juta unit mobil Audi terindikasi menggunakan software tersebut.

Seperti dilansir Reuters, beberapa jenis mobil Audi menggunakan peranti lunak seperti yang digunakan pada Volkswagen.

Beberapa model Audi yang menggunakan peranti lunak seperti VW antara lain A1, A3, A4, A5, A6, TT, Q3, dan Q5. Di Eropa bagian barat, sebanyak 1.42 juta unit Audi terindikasi menggunakan mesin EU5.

Sedangkan di Jerman dan Amerika Serikat, masing-masing terdapat 577 ribu dan 13 ribu unit Audi yang juga terindikasi menggunakan software untuk mencurangi uji emisi.

Sebelumnya Volkswagen telah terbukti melanggar standar emisi gas buang. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat menemukan bahwa VW telah menggunakan peranti lunak untuk mengelabui hasil emisi gas buang.

Skandal tersebut membuat VW harus menarik 11 juta unit mobil yang menggunakan peranti lunak tersebut. Tak hanya itu, VW juga didenda sebesar $18 miliar.Kejadian ini juga berdampak pada produsen mobil yang menggunakan mesin diesel lainnya.

CEO Volkswagen, Martin Winterkorn pun meminta maaf kepada publik atas pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaannya. Ia mengundurkan diri dari jajaran eksekutif VW dan digantikan oleh bos Porsche, Matthias Muller.



(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment