Monday, September 28, 2015

Jok Pintar Ini Mampu Mendeteksi dan Mengendurkan Stres Pengemudi

Jok Pintar Ini Mampu Mendeteksi dan Mengendurkan Stres PengemudiOhio - Sebuah perusahaan pembuat komponen otomotif asal Amerika Serikat, Faurecia bekerja sama dengan Spine Research Institute Ohio State University dan sejumlah ahli NASA tengah mengembangkan jok mobil pintar. Kursi itu diklaim bakal mampu mendeteksi tingkat stres orang yang duduk di atasnya.

Seperti dilaporkan Reuters, Senin (28/9/2015), Faurecia menugasi para ahli dari lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA, untuk mengembangkan teknologi input data. Caranya, dengan memasang sejumlah sensor di permukaan jok yang sensornya mendeteksi kondisi orang yang duduk di atas jok melalui kulit mereka.

Sementara, sensor tersebut dibuat secara khusus oleh perusahaan alat medis, Hoana Medical. Jok pintar yang dinamai Active Wellness, itu juga mampu mendeteksi kondisi kesehatan pengemudi mobil atau orang yang duduk di atas jok tersebut.

“Active Wellness adalah visi Faurecia dalam menciptakan tingkat kenyamanan tinggi, (bagi pengguna kendaraan," tutur Direktur Inovasi Faurecia, Olaf Biedermann.

Data algortima dari sensor akan diterima dan diolah secara cepat. Informasi tentang detak jantung dan pernapasan pengemudi atau orang yang duduk di atas jok itu, akan ditampilkan di layar sentuh. Berdasar data itulah, sistem akan memberi tawaran kepada pengemudi untuk melakukan pijat atau tidak.

Jika pengemudi itu menginginkannya, maka cukup menekan tanda pilihan di menu yang tertera di layar. Setelah itu, jok pun akan memberikan reaksi untuk memberi kenyamanan kepada mereka yang duduk di atasnya. Caranya, mereka akan mendapatkan pijatan untuk relaksasi agar tingkat stres mengendur.

“Jika lemas, Anda akan mendapatkan tingkat pijatan yang kuat," ujar Biedermann.

Para ahli dari Faurecia yang menggandeng ahli dari Spine Research Institute Ohio State University dan NASA itu bermaksud agar pengemudi kembali mendapatkan kesegaran setelah melakukan perjalanan jauh. Mereka diharapkan segar seperti saat akan masuk ke mobil.

Rencananya, jok pintar itu mulai dipasarkan pada 2020 mendatang. Kini para ahli tengah berusaha keras untuk melakukan penyempurnaan


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment