Monday, September 28, 2015

Gas Nyangkut Honda Vario

Gas Nyangkut Honda VarioJakarta - Salam kenal, saya pemilik Honda Vario 125 PGM-FI Tahun 2013 tepatnya bulan Oktober, yang saya ingin konsultasikan adalah sudah 3 bulan terakhir ini Vario 125 PGM-FI saya bermasalah di sektor gas, lebih tepatnya gasnya kadang-kadang seperti tali gas nyangkut, setelah dicek tali gas masih oke.

Jadi RPM nya lebih kurang diatas 1300 RPM, padahal setahu saya yang namanya motor matik Honda memang kalau baru dihidupkan di pagi hari pasti gas akan tinggi kemudian akan turun di kisaran 750 - 800 RPM, nah ini kadang-kadang pada saat di jalan gasnya tinggi dengan sendirinya seperti tali gas nyangkut tapi setelah dimatikan dan dihidupkan kembali normal kembali sampai beberapa saat akan tetapi kadang-kadang muncul lagi kejadian seperti itu.

Mohon pencerahan
Terima kasih
Juanic Falency Bororing

Jawaban:

Menanggapi keluhan pada motor Juanic, masalah tersebut bisa berasal dari solenoid katup peninggi putaran mesin otomatis.

Sedikit kami informasikan, katup tersebut berfungsi sebagai choke otomatis untuk mempermudah menghidupkan mesin saat kondisi dingin dan secara otomatis tidak berfungsi ketika suhu mesin sudah mencapai suhu kerja ideal (efek dari proses kerja komponen ini, putaran mesin lebih tinggi dari langsam standart saat mesin pertama kali dihidupkan). Alat ini bekerja berdasarkan perintah dari ECM yang dikirim oleh sensor suhu mesin.

Nah, jika fungsi dari komponen ini atau komponen pendukungnya terganggu, maka kinerjanya pun akan terganggu. Choke tidak bekerja sesuai semestinya atau bisa juga putaran mesin mendadak tinggi, seperti gas nyangkut.

Salah satu penyebab terganggunya fungsi komponen ini, bisa dari mekanisme kinerja katup peninggi putaran otomatis yang terganjal kotoran.

Perbaikan bisa dilakukan dengan cara dibersihkan dengan cairan pembersih khusus. Namun mengingat motor masih masuk masa garansi komponen PGM FI (5 tahun/50.000 km), kami sarankan jangan bongkar komponen tersebut, karena akan membatalkan garansi.

Selain itu, ada baiknya juga cek komponen pendukung seperti ECM dan rangkaian kabel body dari katup peninggi putaran mesin ke ECM tidak boleh korslet ke massa.

Solusi dari kami, sebaiknya motor dibawa ke AHASS terdekat agar dilakukan pengecekan lebih lanjut. Jika memang ada komponen injeksi yang bermasalah dan setelah dianalisa oleh Service Advisor komponen tersebut bisa diklaim, maka bisa dilakukan klaim.

 Demikian jawaban dari kami, semoga membantu keluhan pada motor bapak.





(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment