Thursday, September 3, 2015

Dari Konsep Jadi Mobil Produksi, Daihatsu Butuh Waktu Hingga 4 Tahun

Dari Konsep Jadi Mobil Produksi, Daihatsu Butuh Waktu Hingga 4 TahunKuningan - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan FT-Concept dan FX-Concept di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015. Tak menutup kemungkinan Daihatsu bakal memproduksi kedua konsep itu dalam jumlah banyak.

Menurut Head, Product I & II Department Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor, Priyo Wisaksono, untuk mengembangkan sebuah mobil dari nol, pihaknya membutuhkan waktu 3 sampai 4 tahun. Sebab, banyak persiapan yang mesti dilakukan.

"Misalnya tahun pertama kita melakukan survei dulu, nanti tahap berikutnya masuk desain, kita kan perlu tahu desain yang diminta," sebut Priyo di Kuningan, Jawa Barat.

Dia melanjutkan, tahap berikutnya adalah proses engineering. Kalau desainnya sudah bagus tapi enginering tak sesuai bakalan dan tidak bisa diproiduksi bakalan percuma.

"Atau misalnya desain bagus tapi engga ergonomis," katanya.

Setelah itu masuk ke tahap persiapan produksi. Nah ini tahap yang cukup lama.

"Karena kan kita harus mencari supplier. Partnya sendiri pun ada dari Jepang misalnya, dari Thailand. Setelah itu di tahapan persiapan produksi pun ada istilahnya pilot production. Kita kan perlu ngetes, bisa nggak nih dirakit jadi mobil. Biasanya ita dapet problem misalnya ada yang terlalu besar. Itu kita perlu waktu," katanya.

Setelah dirasa oke, Daihatsu baru meluncurkan mobil baru itu. "Sampai akhirnya secara kualitas kita nilai oke baru kita produksi massal," ujar Priyo.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment