Thursday, September 3, 2015

Mesin Berpotensi Mati Secara Tiba-tiba, Honda Tarik Belasan Ribu Jazz

Mesin Berpotensi Mati Secara Tiba-tiba, Honda Tarik Belasan Ribu JazzCalifornia - Honda Motor di Amerika Serikat akan melakukan penarikan sukarela 17.800 unit hatchback Honda Fit atau Honda Jazz model 2015. Musababnya, koil pengapian mobil tersebut rusak sehingga mesin berpotensi mati secara tiba-tiba.

Seperti dilaporkan Auto Guide, Jumat (4/9/2015), pabrikan asal Jepang itu mengatakan, gulungan kumparan di koil pengapian Honda Jazz itu kendur dan lama kelamaan pengapian menurun. Akibatnya â€Â" dalam kondisi ekstrim â€Â" mesin mobil mati dengan tiba-tiba, sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Sejatinya, kasus ini terungkap setelah adanya laporan klaim asuransi yang menyebut ada masalah koil tersebut yang terjadi di luar wilayah Amerika Serikat. Namun, hingga kini tidak ada laporan tentang kecelakaan atau korban luka akibat masalah tersebut.

Para pemilik mobil akan diberitahu tentang kampanye penarikan untuk perbaikan itu melalui email. Diharapkan pada 6 Oktober perbaikan dan penggantian perangkat yang rusak telah dilakukan.

Koil adalah kumparan penyalaan yang berfungsi untuk menaikkan tegangan baterai di mobil. Dengan kenaikan tegangan itu maka terjadi loncatan bunga api listrik pada elektroda busi sehingga memungkinkan terjadinya pembakaran di ruang bakar.




(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment