Friday, September 25, 2015

Lengser Sebagai Bos Grup VW, Winterkorn Dapat Pesangon Rp 470,4 Miliar

Lengser Sebagai Bos Grup VW, Winterkorn Dapat Pesangon Rp 470,4 MiliarWolfsburg - Bos Volkswagen AG, Martin Winterkorn, pekan ini telah mengundurkan diri menyusul skandal emisi gas buang mesin mobil diesel besutan VW. Sebagai pesangon, pria gaek ini mendapatkan US$ 32 juta atau sekitar Rp 470,4 miliar.

Seperti dilaporkan Automotive News, Jumat (25/9/2015), laporan tahunan terbaru VW, menyebut pesangon itu merupakan nilai uang pensiun Winterkorn pada akhir 2014. Namun, tidak disebutkan apakah uang pensiun itu bisa diblokir terkait tuduhan penipuan soal emisi mesin diesel 2.000 cc TDI.

Sementara, dalam kondisi tertentu, Winterkorn juga bisa mendapatkan pesangon yang setara dengan nilai dua tahun remunerasi. Sementaram menurut peraturan di VW, Winterkorn bisa mendapatkan pesangon jika dewan pengawas mengakhiri kontraknya lebih awal, tetapi pembayaran dapat diblokir jika ia melakukan sesuatu yang menyebabkan dia harus keluar.

Dalam pernyataan terakhirnya sebagai CEO dari Grup Volkswagen, Martin Winterkorn menyatakan, "Saya menerima tanggung jawab atas penyimpangan yang telah ditemukan di mesin diesel dan karena itu telah meminta Dewan Pengawas untuk menyepakati mengakhiri fungsi saya sebagai CEO Volkswagen Group. Saya melakukan hal ini dalam kepentingan perusahaan meskipun saya tidak mengetahui adanya salah yang saya lakukan.”


(arf/rgr)

0 comments:

Post a Comment