Friday, September 25, 2015

Tidak Terbukti Akali Uji Emisi, Saham BMW Kembali Naik

Tidak Terbukti Akali Uji Emisi, Saham BMW Kembali NaikMunich - Saham Bayerische Motoren Werke (BMW) sempat turun hingga 9,7 persen di pasar saham Frankfurt setelah dikait-kaitkan dengan isu kecurangan uji emisi mesin mobil. Namun setelah kabar tersebut diklarifikasi dan dinyatakan tak ada bukti pabrikan itu melakukan kecurangan, harga saham pun kembali naik.

Seperti dilaporkan Inautonews, Sabtu (25/9/2015), kembali naiknya harga saham BMW itu terjadi setelah majalah otomotif Jerman, Auto Bild mengklarifikasi laporan sebelumnya yang menyebut ada indikasi kecurangan dalam uji emisi SUV BMW X3. Harga saham pun langsung turun 0,5 persen, setelah sebelum sempat merosot 6,4 persen akibat isu yang sama.

Penurunan tersebut merupakan penurunan harga saham BMW terbesar dalam perdagangan harian sepanjang tiga setengah tahun terakhir. Bahkan di pasar Frankfurt saham sempat runtuh hingga 9,7 persen.

Namun, Auto Bild segera melakukan klarifikasi. Majalah itu menyatakan, hasil di tes tidak menunjukan adanya bukti pabrikan itu melakukan kecurangan dengan memasang fitur switch-off .

Pernyataan itu disusul keterangan resmi BMW yang mengatakan, pihaknya tidak melakukan penipuan untuk menyiasati tes tingkat emisi. “Grup tidak memanipulasi srtiap tes,” tegas pabrikan itu.

Bahkan disebutkan, pengujian telah dilakukan hingga sebanyak 11 kali oleh International Council on Clean Transportation. Pengujian itu juga sama dengan yang dilakukan oleh Environmental Protection Agency yang kemudian menemukan kecurangan yang diduga dilakukan oleh VW dan Audi dalam uji emisi mesin diesel.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment