Friday, September 25, 2015

Produsen Mobil Diuntungkan oleh Skandal Emisi VW

Produsen Mobil Diuntungkan oleh Skandal Emisi VWNew York - Skandal emisi yang terbukti dilakukan oleh Volskwagen (VW), ternyata membawa beberapa keuntungan bagi produsen mobil lainnya. Hal tersebut disampaikan oleh perusahaan konsultan finansial Stifel Nicolaus.

Volkswagen terbukti melakukan pelanggaran usai Environmental Protection Agency (EPA) melakukan investigasi pada mesin VW. Mobil pabrikan Jerman tersebut menggunakan software untuk mengelabui keluaran emisi gas buang.

Atas pelanggaran tersebut, saham VW di bursa efek juga langsung turun drastis. Respon pasar akan VW semakin menurun atas kasus tersebut.

Namun keadaan buruk yang sedang dialami oleh VW saat ini justru membawa keuntungan bagi produsen mobil lainnya. Salah satunya produsen mobil asal Jepang, Subaru. Menurut James ALbertine dari Stifel Nicolaus bahwa secara keseluruhan pasar, Subaru memiliki respon positif.

James Albertine, mewakili Stifel Nicolaus mengatakan bahwa pasar Subaru tengah positif di kala VW saat ini tengah anjlok. Namun James mengaku bahwa ia tidak bermaksud untuk membanding-bandingkan hal tersebut.

"Secara menyeluruh pasar Subaru memiliki respon positif berbarengan dengan nilai Volkswagen yang tengah anjlok. Kami menarik kesimpulan dengan menghubung-hubungkan atau membandingkan dengan VW," ungkap James seperti dilansir NBC News, Jumat (25/9/2015).

Ia menambahkan, "Hal ini menarik karena mengingatkan pasar saham pada 2012 silam. Saham Subaru naik sekitar 30-40 poin saat saham VW sedang melemah ke angka 30-40 poin."


(rgr/rgr)

0 comments:

Post a Comment