Friday, September 25, 2015

Yamaha Kembali ke WSBK, R1 Siap Turun Balap

Yamaha Kembali ke WSBK, R1 Siap Turun BalapJakarta - Yamaha mengumumkan kembalinya ke ajang balapan World Superbike (WSBK) di tahun 2016 mendatang. Motor sport YZF-R1 pun siap diturunkan dengan joki Sylvain Guintoli dan Alex Lowes.

Dalam siaran resminya, tim pabrikan Yamaha akan bekerja dengan Crescent Racing dan disponsori PATA. Kedua nama itu sudah akrab di WSBK dengan tim pabrikan lainnya.

"Setelah ditulis ulang buku peraturan Supersport dan mengubah permaianan dengan YZF-R1 terbaru yang dikembangkan langsung dari teknologi Yamaha MotoGP, itu jelas kami perlu kembali ke World Superbike Championship untuk menunjukkan potensi penuh dari mesin Superbike baru," kata COO Yamaha Motor Eropa, Eric De Seynes.

Seperti diketahui, produsen motor asal JEpang ini terakhir berkompetisi di WSBK 2011. Yamaha hanya mengikuti WSBK selama dua musim setelah Ben Spies meraih gelar pertama untuk pabrikan berlogo garpu tala itu.

Kembalinya Yamaha ke WSBK ini bakal ditunggu-tunggu menyusul perkenalan R1 dan R1M terbaru. Motor ini juga sudah teruji di balap ketahanan Suzuka 8 Hours.

"Kami mengambil waktu setahun untuk mengembangkan pengalaman dengan R1 baru di banyak kejuaraan lain. Motor ini telah menunjukkan potensinya dengan kemenangan menakjubkan di Suzuka 8 Hours dan hasil positif yang diraih tim resmi kami di Eropa," kata De Seynes.

Kini, lanjutnya, Yamaha siap kembali ke panggung dunia dengan mengikuti WSBK. Yamaha sudah menyiapkan rincian teknis dan semangat untuk kejayaannya di WSBK.

Yamaha Motor Eropa akan menangani strategi balap, pengembangan teknis dan kontrak pebalap. Sementara Crescent bertugas untuk operasi di tempat di semua seri balap.


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment