Monday, October 12, 2015

Kendaraan Berkecepatan 1.600 Km/Jam Siap Pecahkan Rekor

Kendaraan Berkecepatan 1.600 Km/Jam Siap Pecahkan RekorLondon - Bloodhound Project telah merilis mobil balap terdahsyat di dunia. Tenaga yang dihasilkan dari jet darat buatan tim Bloodhound mencapai 135.000 daya kuda.

Mengusung nama Bloodhound SSC, mobil balap ini adalah hasil dari proses penelitian, desain dan produksi selama delapan tahun. Setidaknya 350 perusahaan dan perguruan tinggi terlibat dalam proyek ini.





Baca juga: Berkenalan dengan Pilot Kendaraan Terkencang Dunia


Menariknya, tenaga yang dihasilkan jet darat ini cukup dahsyat, mencapai 135.000 daya kuda. Maklum, mobil terdahsyat sepanjang 13,5 meter ini menggunakan jet dan roket motor yang menjadikannya sebagai kendaraan darat terkuat di dunia.

Bloodhound SSC memiliki sirip ekor setinggi dua meter. Sirip ekor tersebut disematkan untuk menjaga stabilitas pada kecepatan tinggi.



Mesin jet Rolls-Royce EJ200 digunakan bersamaan dengan supercharged V8 dari Jaguar. Kedua penggerak itu bertugas untuk memompa oksidator ke roket Nammo.

Meski bertanaga 135.000 daya kuda, Bloodhound SSC dirancang untuk memiliki kecepatan tertinggi sampai 1.000 mil per jam (1.609 km/jam). Untuk keselamatan, jet darat ini memiliki tiga sistem pengereman, tujuh alat pemadam kebakaran dan 500 sensor.

Baca juga: Proyek Ambisius Inggris

Setelah selesai dikembangkan, mobil terkuat di dunia ini akan memecahkan rekor pertamanya. Upaya pemecahan rekor tersebut akan berlangsung di Afrika Selatan pada 15 Oktober 2016 mendatang. Saat ini rekor kecepatan darat dipegang oleh Thrust SSC (Inggris) dengan kecepatan 1.228km/jam.